Article

Creative Entrepreneur Corner: Kualitas adalah Prioritas Utama Untuk Setiap Produk De Clover Art

Creative Entrepreneur Corner: Kualitas adalah Prioritas Utama Untuk Setiap Produk De Clover Art

De Clover Art merupakan bisnis online yang bergerak di bidang customized stationery, khususnya passport holder dan agenda. Bisnis ini telah berdiri sejak Agustus 2013. Simak hasil wawancara Radio Finance Indonesia (RFI) bersama Mario Victor Wijaya (MVW) selaku owner dari De Clover Art
 
RFI : Apa yang membuat Mario akhirnya memutuskan untuk menjalankan bisnis De Clover Art ini?

MVW : Awalnya saya memutuskan untuk menjalankan bisnis customized stationery ini karena kejenuhan saya terhadap produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Dari bisnis ini, saya ingin mengajak customer kami untuk ikut andil dalam proses pembuatan produk untuk mereka sendiri.
 
RFI :  Apa bahan yang Mario gunakan untuk produk De Clover Art?

MVW : Saya menggunakan bahan italian suede, karena saya melihat bahan italian suede merupakan bahan yang paling cocok untuk produk De Clover Art. Selain bahan ini enak dipegang, tidak mudah kotor, dan memang bahan italian suede ini dapat di customize.
 
RFI : Siapa target market dari De Clover Art?

MVW : Target market saya adalah para family, eksekutif, dan travel lovers. Sehingga selain mereka suka travel, equipment yang digunakan pun harus menunjukkan ‘siapa’ diri mereka.
 
RFI : Bagaimana brand positioning yang diharapkan dari De Clover Art?

MVW : Saya ingin customer melihat De Clover Art dari 3 sisi. High quality, unique, personalized dan affordable. Saya selalu menekankan kepada customer untuk tidak membeli produk yang sudah jadi, sehingga saya selalu menanyakan desain seperti apa yang mereka inginkan.
 
RFI :   Apa keunggulan De Clover Art dibandingkan dengan produk-produk sejenis lainnya?

MVW : Agenda yang dapat ditemukan di pasaran,biasanya biasa-biasa saja. Di De Clover Art, ada 14 pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan karakter customer masing-masing.
 
RFI :  Sudah sejauh apa pendistribusian De Clover Art?

MVW : Seluruh Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan pernah juga mendapatkan pesanan ke Kanada, Australia, dan Amerika. Namun untuk pesanan ke 3 tempat ini terkendala dengan masalah biaya.
 
RFI : Berapakah harga dari produk De Clover Art?

MVW : Untuk passport-holder, kami memberikan harga Rp. 75.000 dan untuk agenda ada 2 harga, karena ada 2 ukuran yaitu A5 dan B5. Untuk ukuran A5, kami memberikan harga Rp. 95.000 dan Rp. 120.000 untuk ukuran B5.
 
RFI : Bagaimana permodalan awal Mario untuk memulai bisnis De Clover Art ini?

MVW : Saya menggunakan uang sendiri. Jadi, sebelum menjalankan bisnis ini, saya pernah menjalankan bisnis fashion kecil-kecilan. Dari sana, saya mendapatkan penghasilan sebesar 2-3 juta, lalu saya gunakan untuk memulai bisnis De Clover Art.
 
RFI : Bagaimana cara Mario membedakan uang pribadi dengan uang dari hasil penjualan De Clover Art?

MVW : Sejak serius menjalankan bisnis ini, saya langsung membuat rekening terpisah. Jadi, sebisa mungkin saya tidak menggunakan uang dari De Clover Art untuk kepentingan pribadi saya.
 
RFI : Apa harapan untuk De Clover Art kedepannya?

MVW : Saya ingin De Clover Art dinilai sebagai brand eksklusif yang senantiasa memberikan produk menarik untuk customer, serta mengajak customer untuk ikut serta dalam pembuatannya. Jadi customer dapat mencantumkan nama mereka, quote atau logo kesukaan mereka.
 
RFI : Bagaimana suka duka yang dialami selama menjalankan bisnis De Clover Art ini?

MVW : Hal yang paling menyenangkan adalah disaat customer memberikan testimonial yang sangat positif, karena dengan adanya testimonial tersebut, secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa mereka dapat menerima produk De Clover Art dan mengakui bahwa produk De Clover Art memang sesuai dengan kualitas yang diharapkannya. Kemudian untuk hal yang kurang menyenangkan yaitu disaat adanya konflik kecil.
 
RFI : Menurut Mario, apa peran pendidikan terhadap bisnis De Clover Art yang sedang dijalankan sekarang?

MVW : Menurut saya, pendidikan merupakan hal yang cukup penting. Pada saat kuliah, bukan materi yang merupakan hal penting yang kita dapatkan, namun bagaimana pola pikir yang kita bentuk pada saat menyelesaikan masalah.
 
RFI : Apa target dari De Clover Art dalam jangka waktu dekat ini?

MVW : Target saya kedepannya yaitu memperluas pemasaran melalui pameran-pameran yang akan diselenggarakan, mengembangkan produk, serta meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap De Clover Art.
 
RFI : Apa tips untuk menjalankan bisnis stationery?

MVW : Yang paling penting adalah memperhatikan kualitas, jangan sampai customer mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Prinsipnya, customer memiliki ekspetasi, kita sebagai produsen harus memenuhi ekspetasi mereka atau bahkan memberikan lebih dari apa yang telah mereka ekspetasikan.
 
RFI : Bagaimana cara finance people menemukan produk De Clover Art?

MVW : Dapat dibuka dari instagram kami @decloverart , dari instagram dapat dilihat produk kami serta testimonial yang diberikan oleh customer kami.
 

 

Radio Finance Indonesia

June 21st, 2014

No Comments