Article

Creative Entrepreneur Corner: Membagi Waktu adalah Kunci Sukses Bisnis Mahasiswa

Creative Entrepreneur Corner: Membagi Waktu adalah Kunci Sukses Bisnis Mahasiswa

DR Store merupakan bisnis yang bergerak di bidang fashion, khususnya kemeja pria. Bisnis ini didirikan sejak Januari 2013 oleh 2 orang mahasiswa, Denny dan Rocky. Simak hasil wawancara Radio Finance Indonesia (RFI) bersama Denny Fernando Jo (DFJ) dan Rocky Wijaya (RW), selaku owner dari DR Store
 
RFI : Bagaimana cara kalian membagi waktu antara kuliah dan menjalankan bisnis ini?
RW : Lebih kepada disiplin pada diri kita sendiri, bagaimana kita membagi waktu antara kuliah dan kebetulan saya juga ada kerja paruh waktu. Jadi, pintar-pintar kita saja dalam mensiasati hal-hal tersebut. Kemudian kami biasanya mencari hari kosong untuk melakukan proses produksi.
 
RFI : Siapa target market dari DR Store?
DFJ : Target kami umumnya lebih kepada remaja pria dengan umur yang berkisar antara 15-22 tahun.
 
RFI : Menurut kalian, bagaimana cara terbaik untuk berbisnis?
DFJ : Menurut kami, lebih baik berpartner, karena kami bisa saling mengisi kekurangan masing-masing. Dalam mengambil keputusan pun, kami bisa saling bertukar pikiran.
 
RFI : Bagaimana sistem pembagian pekerjaan kalian?
RW : Saya sebagai marketing, lebih berpikir bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan produk kami ke pasar. Sedangkan Denny lebih berfokus ke bidang production, seperti konveksi dan packaging.
 
RFI : Bagaimana cara kalian mengkomunikasikan DR Store kepada masyarakat?
RW : Penggunaan social media sudah sangat menjamur di Indonesia. Jadi, salah satu cara kami mengkomunikasikan DR Store adalah melalui social media, facebook, instagram, dan twitter.
 
RFI : Bagaimana cara DR Store dalam menghadapi persaingan dengan produk sejenis di Indonesia?
DFJ : Untuk menghadapi hal tersebut, tentunya kita harus selalu berinovasi dan berani membuat diferensiasi antara produk kita dengan produk-produk yang lain. Selama ini kami browsing di internet untuk mencari inspirasi kami masing-masing, lalu kami rundingkan untuk membuat desain baru.
 
RFI : Berapa harga produk DR Store ? Berapa omzet kalian per bulannya?
DFJ : Untuk produk DR Store dijual dengan harga Rp. 280.000. Omzet per bulan kami sekitar 3 – 8 juta.
 
RFI : Bagaimana permodalan awal kalian untuk memulai bisnis DR Store ini?
DFJ : Modal awal kami berasal dari uang kami masing-masing yang kami gabungkan dan kami akan selalu mengusahakan untuk tetap menggunakan uang sendiri, tanpa harus adanya pinjaman ke bank.
 
RFI : Bagaimana cara kalian mengelola keuangan pribadi dan uang dari hasil bisnis kalian?
DFJ : Kami membuat rekening baru yang menggunakan nama kami berdua. Jadi disaat kami ingin bertransaksi, kami harus datang berdua, sehingga keuangan menjadi lebih transparant.
 
RFI : Apa target kalian dalam jangka waktu dekat kedepan?
DFJ : Target kami selain membuat website, kami juga ingin membuka store fisik dan meluncurkan produk baru kami yang berupa aksesoris pria.
 
RFI : Bagaimana tanggapan kalian mengenai peran pendidikan dalam menjalankan bisnis ini?
RW : Menurut kami, peran pendidikan sangat penting. Kebetulan di kampus kami, Binus University juga memiliki Entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib bagi semua jurusan. Namun, pemahaman teori tanpa adanya praktek juga percuma.
 
RFI : Apa tips&trik bagi finance people yang baru ingin memulai berbisnis?
DFJ : Sesuai dengan motto kami “let your dreams be bigger than your fears”. Jadi, kita harus berani dalam mengejar mimpi-mimpi kita.
 
RFI : Dimana finance people dapat menemukan produk DR Store?
RW : Di instagram dan twitter kami @DR_Store dan Facebook di D.R Store
 

 

Radio Finance Indonesia

June 21st, 2014

No Comments